Headlines News :
Home » » DIODA

DIODA

Written By Unknown on Sunday, January 8, 2012 | 10:18 AM

Add caption
Dioda adalah komponen aktif bersaluran dua (dioda termionik mungkin memiliki saluran ketiga sebagai pemanas). Dioda mempunyai duaelektroda aktif dimana isyarat dapat mengalir, dan kebanyakan dioda digunakan karena karakteristik satu arah yang dimilikinya.
Sifat kesearahan yang dimiliki sebagian besar jenis dioda seringkali disebut karakteristik menyearahkan. Fungsi paling umum dari dioda adalah untuk memperbolehkan arus listrik mengalir dalam suatu arah (disebut kondisi panjar maju) dan untuk menahan arus dari arah sebaliknya (disebut kondisi panjar mundur). Karenanya, dioda dapat dianggap sebagai versi elektronik dari katup.

Dioda sebenarnya tidak menunjukkan kesearahan hidup-mati yang sempurna (benar-benar menghantar saat panjar maju dan menyumbat pada panjar mundur), tetapi mempunyai karakteristik listrik tegangan-arus taklinier kompleks yang bergantung pada teknologi yang digunakan dan kondisi penggunaan. Beberapa jenis dioda juga mempunyai fungsi yang tidak ditujukan untuk penggunaan penyearahan.
Dioda digunakan untuk mengubah arus bolak-balik menjadi arus searah. Contoh yang paling banyak ditemui adalah pada rangkaian adaptor. Pada adaptor, dioda digunakan untuk menyearahkan arus bolak-balik menjadi arus searah. Sedangkan contoh yang lain adalah alternator otomotif, dimana dioda mengubah AC menjadi DC dan memberikan performansi yang lebih baik dari cincin komutator dari dinamo.
Share this article :

0 comments:

Tulis komentar Anda di sini ... !

BELAJAR YANG RAJIN YA NAAK ....

zwani.com myspace graphic comments

Tentang SMK Kembang

Kini, peserta didik SMK tak perlu keluar lingkungan kampus untuk fotokopi sebab SMK sudah punya mesin foto kopi sendiri. Untuk lihat di dunia maya, peserta didik SMK cukup datang di lantai 2, dan nikmati fasilitas sangat murah internet hanya dengan Rp 1000 per jam.

Label 6

gif creator

 
Support : Creating Website Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SMK Manba'ul Huda - All Rights Reserved
Template Design by SMK Kembang