Headlines News :
Home » » Tips Melamar Pekerjaan

Tips Melamar Pekerjaan

Written By Unknown on Friday, December 3, 2010 | 7:08 PM



----- Forwarded Message ----
From: Sulastama Raharja <rsulastama@gmail.com>
To: alumniUGM@googlegroups.com; JobUGM@yahoogroups.com
Sent: Fri, December 3, 2010 6:58:20 PM
Subject: [JobUGM] Tips Melamar Pekerjaan

Tips Melamar Pekerjaan

<http://www.kompasiana.com/posts/index/opinion/>
Budiman Hakim

Hal pertama yang perlu dipahami oleh para pelamar, bahwa para Creative
Director periklanan itu rata-rata orangnya pemalas. Jadi kalau mau ngelamar,
baik ngelamar kerja maupun magang, mudahkanlah kerja mereka. Mereka
paling-paling cuma melihat lamaran kita beberapa detik, terus dilempar lagi
ke atas meja. Boro-boro mau ngeliat port folio yang dikirim lewat CD. Kalau
mau kirim CD ya boleh aja, tapi jangan lupa kirim iklan cetak barang satu
atau dua biji. Pilih iklan yang dirasa paling bagus. Ga usah banyak-banyak,
mereka pemalas.
Secara anak mahasiswa gitu loh, jangan terlalu berharap dapet perhatian
besar dari mereka. Showreel film para director aja belum tentu mereka lihat.
Para Creative Director itu baru akan melihat showreel film director kalau
ada kerjaan bikin iklan TV buat cari referensi.
[image: 12913586022027940036]

Ilustrasi/Admin (shutterstock)

Ada cerita lucu, saya pernah dapat email kocak. Ga tau siapa pembuatnya yang
asli. Saya cuma dapat dari forward-an orang lain juga. Karena ceritanya lucu
dan berhubungan dengan yang saya omongin, maka saya mau ceritain sebagai
bahan perbandingan. Sebelumnya minta maap banget sama yang bikin. Begini isi
emailnya;

"Sudah ribuan lamaran kerja dikirim tapi belum ada balasan? Mungkin salah
satu tips dibawah ini adalah masalahnya.. .

1. Jangan terlalu banyak menggunakan singkatan

Dgn Hrmt.
ttrk dgn ikl lwg krj yg dmt pd srt kbr edisi sls , sy brmskd mengisi lwg yg
bpk bthkn, rdri thn 1999 - 2004 , sy tlh bkj di aptk km farma , di bag cln
srv. dri thn 2004-2005 , sy bkj di LC bank sbg kabag keu. dri thn 2005- smp
skrg jd tkg pkr di BIp

2. Jangan terlalu banyak lampiran

Sebagai bahan pertimbangan bapak , bersama ini saya sertakan :
a. Fotokopi Surat nikah yang telah dilegalisir oleh Kantor Urusan Agama
b. Fotokopi KTP bapak saya yang masih berlaku
b. Pas foto saya waktu disunat di usia 9 tahun
c. Surat kelakuan baik seluruh keluarga saya
d. Bon hutang selama 1 tahun
e. Proposal permintaan sumbangan pembangunan mesjid di RT saya yang telah
ditandatangani oleh sekretaris lurah

3. Jangan pake bahasa gaul

Eit dibaca juga nih surat lamaran eike!!!! Halo Choy, secara ada lowongan di
kantor jij, mau dong eike ngelamar di sana. Udah lama banget niy nganggur,
aduh bok capee deeehhh!!!! Btw Jij apa kabar nich…..? Baik baik aja dong ,
iya kan, iya dong . Bener kan, bener dong….? Iya kan kek kok dong deh…saya
mo ngelamar kerja nich..boleh dong…please. ..boleh ya…? Serius boleh? Sumpe
lo?

4. Jangan pake gaya preman.

Hey Boss, asal lu tau aja ya, gue pernah kerja di kantor bokap, tapi
lantaran gue sering berantem gara-gara sering ngegodain sekertaris kantor,
gue dikeluarin. Setan banget deehhh!!!! Makanya sekarang gue ngelamar kerja
di kantor elo. Lo ga usah takut soal jabatan deh. Gue ga peduli sama
jabatan! Yang penting gue bisa dapet kerja ringan tapi dibayar gede sama
elo. Ok deh!! gue tunggu panggilan kerja dari elo di rumah gue, kalo sampe
tiga hari belom juga ada panggilan, elo bakal tau sendiri akibatnya…
.!!!!!!!

5. Jangan pake gaya sok akrab

Dengan hormat,
Hai apa kabar nih…? Baik baik aja kan …? Saya juga ketika menulis surat ini
dalam keadaan sehat wal afiat. Semoga kamu juga baik baik aja seperti saya
disini. Ngomong ngomong gimana kabar anak anak, sehat kan ..? Ga mau nambah
lagi nih anaknya? Istri kamu pasti makin cantik aja…..salam aja ya buat
mereka. Oya ..hampir lupa, saya bermaksud melamar pekerjaan pada perusahaan
kamu bisa kan …? Pasti bisa dong, kamu kan orangnya baik hati, ramah tamah,
tidak sombong dan gemar menabung….

6. Jangan terlalu resmi dan bertele-tele

Salam sejahtera,
Setelah saya membaca iklan lowongan pekerjaan di surat kabar ternama di
ibukota yang oplagnya 3 juta exemplar per harinya , saya sangat tertarik
sekali dengan iklan yang anda muat di halaman 16, kolom 6 seperti pada
lampiran surat lamaran saya ini. Setelah berunding dengan berbagai pihak,
baik itu keluarga dekat, keluarga jauh, tetangga dan unsur-unsur masyarakat
lainnya, saya memutuskan atau berkehendak atau bermaksud untuk melamar
pekerjaan tersebut. Yang mana dan juga sekalian daripada harapan saya,
dengan surat lamaran ini kita bisa mempererat tali silaturahmi antara kita
berdua. Bukankah dalam agama pun, baik itu Quran ataupun hadits Nabi, telah
diterangkan betapa pentingnya arti sebuah silaturahmi…"

Hahahahahahaha lucu banget! Saya tiap dapat cerita-cerita lucu, selalu saya
simpan di dalam blog. Kapan-kapan kalo lagi suntuk, saya baca-baca lagi biar
suntuknya ilang. Kalo mau baca klik aja di http://leonhakim.blogspot.com/

KREATIVITAS ITU MASALAH KEPEKAAN

Banyak orang yang tidak mempunyai kepekaan. Mereka membaca email di atas
hanya semata-mata sebagai lelucon belaka. Abis baca, ketawa, terus…ya udah.
Dilupain aja. Tapi seorang Mahasiswa kayaknya sangat terilhami oleh email
ini. Hebatnya lagi, caranya lebih elegan dan pemikirannya lebih strategis.
Saya suka banget sama caranya.

Pertama, kayaknya dia cari tau dulu, agency itu menangani klien apa. Siapa
Creative Directornya. Dia cari tau namanya, usianya berapa, senengnya
ngapain dan segala tetek-bengek lainnya. Pokoknya segala yang berhubungan
dengan agency dan Creative Directornya, dia korek-korek sebisanya.

Sekarang dia udah tau, agency yang mau dia lamar adalah MACS909. Creative
Directornya Budiman Hakim. Brand yang ditangani adalah Djarum Black.
Hobbynya ngebir sama main bilyard. Nah mahasiswa itu lalu membuat iklan
boongan Djarum Black, terus dikirim ke saya. Dia melengkapinya dengan surat
lamaran seperti di bawah ini;

*"Halo Mas Bud. Ini Nita Mas. Mas Bud masih suka main bilyar di mana?
Ajak-ajak dong Mas. Tenang aja. Beernya Nita bayar sendiri deh biar Mas Bud
ga bangkrut.*

*Mas Bud, ngomong-ngomong Nita coba bantuin Mas Bud bikin serinya Djarum
Black.. Berhubung Nita ga tau briefnya ya Nita bikin berdasarkan iklan-iklan
Djarum Black yang udah tayang aja. Coba deh Mas Bud liat, iklannya kayak
gini………………………(Nungguin Mas Bud lagi liat iklanku)*

*Gimana Mas? Bagus ga? Kalo ga bagus biar deh Nita belajar dulu di MACS909
sebagai Junior Copywriter. Di bawah ini CV Nita mas. Tolong dipertimbangkan
ya Mas? Nita janji deh akan kerja keras. Boleh kan Mas?*

*Kalau nanti ternyata menurut Mas, Nita masih bego juga, Mas Bud ga usah
kuatir. Bisikin aja "Nit lu payah." Sebelum 3 bulan saya pasti udah ke luar
sendiri. Jadi Mas Bud ga perlu repot-repot memilih kata-kata halus untuk
mengeluarkan saya. Nita"*

Hahahahahahaha….sepanjang hidup saya, inilah surat lamaran terbaik yang
pernah saya terima. Mengapa demikian? Di mana kebagusannya? Karena
menghibur? Itu sudah pasti, tapi lamaran Nita lebih dari sekedar menghibur.

Pertama. Memang iklan yang dia buat tidak bagus. Akan tetapi membuat iklan
brand yang ditangani biro iklan yang kita lamar adalah pemikiran brilyan.
Bertahun-tahun saya menangani kampanye periklanan Djarum Black sehingga saya
mempunyai keterlibatan emosional dengan brand itu. Iklan Djarum Black karya
Nita, secara otomatis membuat saya mempunyai keharusan untuk melihatnya.
Ketertarikan saya tidak dibuat-buat. Walaupun ketertarikan saya lebih karena
Djarum Blacknya dibandingkan iklannya. Contohlah strategi ini. Itulah
insight Creative Director di mana pun. Cara ampuh untuk memaksa mereka
menyisihkan waktu agar memperhatikan lamaran kita.

Kedua. Dia tidak kenal saya tapi gaya bahasanya seperti itu. Gaya bahasa sok
akrab seperti joke pada email di atas. Dia memanggil Mas, mengajak saya main
bilyar, mengajak saya minum bir dan dia mau bayar sendiri…sepele kan
kedengarannya? Tapi Anda tidak bisa membayangkan efek yang saya rasakan?

Hebatnya, dia tidak berhenti sampai di sana. Di paragraph terakhir, dia
bilang dia akan ke luar sendiri kalo dibisikin bahwa dia bego. Dia sangat
mengerti, bahwa situasi memberhentikan orang adalah hal yang tidak nyaman,
karena itu dia akan mempermudah saya melalui proses itu. Saya membaca surat
lamarannya berkali-kali. Biasanya surat lamaran cuma saya baca 1 paragraf
saja. Saya langsung berhenti begitu tau bahwa itu adalah surat lamaran, lalu
saya serahkan
semuanya kepada HRD.

Akibat lainnya? Saya yang sebenarnya lagi tidak butuh Copywriter, langsung
menyuruh HRD saya untuk memanggil si mahasiswa itu untuk menemui saya.
Sayangnya anak itu tidak pernah datang. Teleponnya tidak pernah aktif. Entah
apa yang terjadi, tapi begitulah hidup. Jarang sekali kita punya kesempatan
untuk berjodoh dengan orang-orang pintar sekaligus menarik. Biasanya yang
kita temui cuma punya salah satu saja. Pintar tapi tidak menarik atau
menarik tapi tidak pintar.

Kepekaan seperti itu harus jadi sikap hidup. Jangan berusaha jadi David
Ogilvy. Ga usah berusaha jadi Edward de Bono atau mencoba menjadi Leo
Burnett. Jadilah diri sendiri. Saya berkeyakinan bahwa semua orang itu
kreatif. Cuma banyak yang yang tidak menyadari potensinya sendiri. Banyak
yang belum mengasah kemampuannya aja. Banyak yang kurang berani 'gila.'
Banyak yang terjebak pada pola-pola yang ada. Banyak yang terpaku pada
teori-teori ilmiah yang membosankan. Potensi itu tidak melulu berupa skill
akademis, talentis, mistis atau apapun. Lihatlah Tukul Arwana. Dia telah
menemukan potensinya yang tidak terduga di acara Empat Mata.

Jadi cuek ajalah! Tunjukkanlah sisi kreatif kita, apapun bentuknya. Jaman
sekarang orang sudah tidak begitu percaya lagi sama port folio. Iklan adalah
kerja kolektif. Kalau porsi kita dalam mengerjakan sebuah iklan ternyata
sangat sedikit, jangan jadikan itu sebagai port folio. Sering kan kalo ada
iklan yang menang awards langsung kita masukin port folio. Padahal jasa kita
cuma bikin bodycopy dua baris doang. Akibatnya pas diterima, ga sampe 3
bulan kita udah ditendang. Janganlah memberikan harapan berlebihan pada
calon atasan kita, karena ke depannya kita juga yang repot. Mendingan bikin
iklan yang khusus kita bikin untuk brand yang dipegang oleh agency itu.
Seperti si Nita yang sok akrab di atas tadi. Jenius tuh…

Sebetulnya menilai seseorang itu tidak terlalu susah. Cukup melihat
tindakannya dalam sebuah situasi. Atau bisa juga memperhatikannya dalam
interaksi dalam peristiwa sehari-hari. Kita masuk saja ke milis-milis
periklanan di internet, perhatikan email-email yang masuk ke sana. Dari
tulisan dan komentar-komentar itu kita bisa mengira-ngira kreativitas orang
tersebut. Terlihat dari cara berpikir dan cara mereka bertanya, menanggapi
atau menganalisa sebuah masalah yang sedang dibahas. Seharusnya sih
kelihatan kualitasnya. Kalo ada yang posting ke milis cuma buat nanya berapa
ukuran kertas A4, A5 atau A3, kita taulah bahwa orang itu manja dan
pemalasnya bukan main. Masa gitu-gituan harus nanya ke milis? Ukur aja
sendiri. Beres! Pertanyaan-pertanyaan bodoh seperti itu selain mengganggu
juga menuhin-menuhin inbox member yang lain. Emangnya inbox kita keranjang
sampah apa?

Jadi marilah kita melatih naluri kreativitas kita secara terus menerus.
Buatlah sesuatu yang unexpected. Yang belom pernah dibuat orang. Sekali
dalam hidup kita perlu membuat sesuatu yang penting. Lupakan semua teori.
Teori adalah kesimpulan dari masa lalu sementara pekerjaan kita adalah
memprediksi masa depan. Jangan putus asa, advertising is in our blood. Feel
it, receive it and embrace it.
http://edukasi.kompasiana.com/2010/12/03/tips-melamar-pekerjaan/

--
wassalam,
~tomo~
http://sulastama.wordpress.com/


[Non-text portions of this message have been removed]




------------------------------------

===================================================================

HANYA dengan DONASI RP.500.000,- Menjadi PELANGGAN ABADI JURNAL UGM "BALAIRUNG".
Transfer ke BCA Cab. UGM R/k 037 235 5296 a/n Dian Mentari.
Fax NAMA, ALAMAT KIRIM, BUKTI TRANSFER ke 0274-566171 atau via pos ke:
Perumahan Dosen UGM Bulaksumur B-21, Yogyakarta 55281.
Hub. Titi 0815 790 1926, atau Vera 0856 293 5807

====================================================================

*Alamat email untuk:
1>Join: JobUGM-subscribe@yahoogroups.com
2>Keluar: JobUGM-unsubscribe@yahoogroups.com
3>Baca langsung dari web browser Yahoogroups: JobUGM-nomail@yahoogroups.com
4>Hanya ingin 1 email rangkuman per hari: JobUGM-digest@yahoogroups.com
5>Kembali ke normal email: JobUGM-normal@yahoogroups.comYahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/JobUGM/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/JobUGM/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
JobUGM-digest@yahoogroups.com
JobUGM-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
JobUGM-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/
Share this article :

0 comments:

Tulis komentar Anda di sini ... !

BELAJAR YANG RAJIN YA NAAK ....

zwani.com myspace graphic comments

Tentang SMK Kembang

Kini, peserta didik SMK tak perlu keluar lingkungan kampus untuk fotokopi sebab SMK sudah punya mesin foto kopi sendiri. Untuk lihat di dunia maya, peserta didik SMK cukup datang di lantai 2, dan nikmati fasilitas sangat murah internet hanya dengan Rp 1000 per jam.

Label 6

gif creator

 
Support : Creating Website Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SMK Manba'ul Huda - All Rights Reserved
Template Design by SMK Kembang